Festival Budaya Bahari 2019

  • Dibaca: 711 Pengunjung
Festival Budaya Bahari 2019

Siapa yang tidak mengenal Kuta atau Nusa dua Bali? Objek wisata paling terkenal di dunia. Tapi berapa orang sih yang tahu di kabupaten apa Kuta dan Nusa dua berada ? mungkin sebagian orang akan sedikit mengernyitkan dahi mencari cari jawabannya. Kalian mungkin juga belum tahu, karena saking terkenalnya dua nama tempat itu. Tahunya pasti ada di Bali, that’s it !

Jadi biar ga bingung, sederetan nama besar pantai yang ada di bali seperti Pantai Kuta, Nusa dua, dreamland, Pandawa itu ada di Kabupaten Badung guys, salah satu dari 9 kabupaten/kota yang ada di Bali. Kabupaten Badung banyak memiliki objek wisata laut yang sangat indah dan pasti sudah dikenal dikalangan wisatawan. Bahkan banyak pantai-pantai baru di wilayah kabupaten Badung awalnya lebih dulu ditemukan oleh para wisatawan khususnya para surfer yang kemudian jadi viral dan ramai dikunjungi.

Kabupaten Badung merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah akomodasi/hotel terbesar di Indonesia, hampir 65 persen jumlah akomodasi di Bali ada di wilayah kabupaten Badung. Kini Kabupaten Badung telah berkembang dengan demikian maju dan menjadi salah satu kabupaten terkaya di Bali, dimana hampir sebagain besar penghasilan APBD nya berasal dari dunia pariwisata. Sehingga tidak salah bila Kabupaten Badung kini berusaha terus meningkatkan kualitas sector pariwisata diwilayahnya dengan melaksanakan berbagai kegiatan dan event yang bertujuan untuk menarik wisatawan.

                                                                         (Pagelaran seni Festival Budaya Bahari 2018)

 

Tiap tahun berbagai event dicanangkan oleh kabupaten Badung dan telah menjadi agenda rutin tahunan pelaksanaan festival-festival budaya dan atraksi wisata yang sangat semarak dan mampu menyedot wisatawan untuk datang ke kabupaten badung. Salah satu festival terbesar yang diselenggarakan adalah Festival Budaya Bahari yang diadakan selama bulan Mei selama hampir sebulan penuh. Festival Bahari ini merupakan salah satu festival budaya dari tiga festival besar yang rutin diadakan di Badung. Festival besar yang dimaksud adalah Festival Pertanian di Badung Utara, Festival Budaya di Badung Tengah dan Festival Bahari di Wilayah Badung Selatan, serta beberapa festival lain yang diadakan di wilayah kecamatan seperti festival Kuta, Legian, Nusa Dua, Berawa dan masih banyak lagi kegiatan budaya yg memang rutin diadakan tiap tahun.

                                                         (Bpk. Bupati dan Wakil Bupati Badung berserta pejabat Kementrian) 

 

Untuk tahun 2018 ini, Festival Budaya Bahari akan digelar di Pantai Pandawa Kuta Selatan pada tanggal 9 Mei 2018. Tahun ini festival bahari mengusung Tema Offering to The Sea, yang merupakan bentuk penghormatan dan persembahan bagi laut dan isinya agar senantiasa dalam keadaan seimbang dan harmonis sesuai dengan konsep Tri Hita Karana. Kali ini kegiatan festival akan diisi dengan berbagai kegiatan besar yang dilaksanakan secara bergantian seperti Kegiatan Bali fishing Tournament, Surfing competition, Dragon Boat Competition, Beach soccer Tournament, Badung Bali Aerial Competition (BABAC), Underwater Photo Competition, Bali Blues Festival, Tradisional Jukung Parade, Food Festival dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan yang dilakukan ini akan diselenggarakan diberbagai tempat/pantai diwilayah Kuta Selatan selama hampir sebulan penuh.

Khusus untuk acara Grand Opening tahun ini akan ditampilkan pagelaran Badung International Art Carnival (BIAC) yang akan diikuti oleh peserta dari Luar negeri dan peserta carnival dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Jember, Malang, Cirebon, Salatiga, Palu, Gorontalo, dan Banyuwangi. Badung International Art Carnival yang untuk pertama kalinya digelar di Kabupaten Badung ini merupakan cikal bakal dari agenda kegiatan Carnival yang akan rutin digelar juga di Bali khususnya Kabupaten Badung.

Dalam rangkaian kegiatan Grand Opening di pantai pandawa ini juga akan ditampilkan tari nelayan kolosal yang akan diikuti oleh 200 org penari anak-anak dari tingkat SMP se kecamatan Kuta Selatan serta juga akan digelar atraksi Kendang Bebarungan “Ketug Gumi”  dari Institut Seni Indonesia Denpasar yang akan menurunkan 250 orang penabuh kendang. Parade akan digelar pada sore hari dengan diawali oleh kendaraan hias yang bertemakan Laut dan isinya.

Acara ini akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata, Bapak Arief Yahya, bersama dengan Bupati Badung, Bapak I Nyoman Giri Prasta yang akan menaiki kendaraan hias dan mengenakan kostum karnaval diikuti oleh iringan Kendang Bebarungan Ketug Gumi, tari Nelayan, Karnaval dan ditutup dengan Marching Band persembahan dari Universitas Udayana.

Acara festival Budaya bahari ini digelar untuk dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah kabupaten Badung yang sangat dekat dengan dunia bahari/laut. Dengan memperkenalkan kekayaan laut di wilayah kabupaten badung pada wisatawan tentu kedepannya diharapkan mampu meningkatkan potensi pendapatan daerah khususnya bagi nelayan dan masyarakat pantai yang bersinergi dengan dunia pariwisata. Aktifitas para nelayan dan masyarakat pantai tentu tidak dapat dilepaskan dengan laut sebagai budaya yang telah diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka, yang sangat perlu untuk tetap dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Dengan diadakannya festival ini, masyarakat akan semakin mencintai laut dan kekayaannya sehingga tetap terjaga kelestariannya dan terus bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

 

  • Dibaca: 711 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya