24 Juli 2014 jam 13:26
good_view
               SUKSESKAN E-KTP
                Untuk mewujudkan
              tertib administrasi kependudukan
  

apbd

ikon-bupati1
  ikon-dprd1

info_legislatif

ikon-lpse
 

  ARTI LAMBANG KAB. BADUNG
  ikon-situs1

 INFO TATA RUANGINFO PENANGGULANGAN BENCANA

  ikon-kpubadung  ikon-panwaslu

  ikon-kpuprov
 
 

  ikon-bda
  ikon-narkoba
  ikon-pmi
 
ikon-kesehatan
 
ikon-naker

  ikon-beasiswa

 


  
    
Bagian ::   BERANDA arrow Seputar Badung arrow Badung Kembali Raih Wahana Tata Nugraha Tingkat Nasional

Badung Kembali Raih Wahana Tata Nugraha Tingkat Nasional PDF Cetak E-mail

Kuta Kota Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota (LLAK)

Menteri Perhubungan RI  E.E. Mangindaan saat menyerahkan penghargaan trophy Wahana Tata Nugraha yang diterima langsung Kadishubkominfo Badung Wayan Weda Dharmaja di Ruang Mataram, Gedung Karya Kantor Kementerian Perhubungan RI – Jakarta, Senin (6/5) kemarin.Badung kembali menorehkan tinta emas di ajang Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota. Untuk kesekian kalinya kabupaten yang dinahkodai oleh duet A.A. Gde Agung, SH dan Drs. I Ketut Sudikerta itu kembali menunjukkan prestasi terbaiknya dengan meraih penghargaan tertinggi di bidang tertib lalu lintas dan angkutan kota tingkat Nasional berupa trophy Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Perhubungan Republik Indonesia  E.E. Mangindaan kepada Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung Wayan Weda Dharmaja, SIP. MSi mewakili Bupati Badung, Senin (6/5) kemarin di Ruang Mataram, Gedung Karya Kantor Kementerian Perhubungan RI - Jakarta. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan pada tingkatan berikutnya yaitu berupa penghargaan bidang tertib lalu lintas, penghargaan bidang tertib angkutan, dan plakat yang diberikan pada masing-masing kota sesuai hasil penilaian.

Dalam sambutannya Menteri  Perhubungan menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya Lomba Tertib LLAK ini adalah untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan tertib lalu lintas dan angkutan di wilayah perkotaan di seluruh Indonesia. Disamping itu juga tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana evaluasi penyelenggaraan transportasi perkotaan, sebagai sarana meningkatkan motivasi Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan transportasi perkotaan, serta meningkatkan partisipasi Pemda terhadap kegiatan di bidang transportasi perkotaan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

Sementara itu Kadis Hubkominfo Badung Weda Dharmaja menyadari bahwa masih terdapat beberapa permasalahan lalu lintas dan angkutan yang terjadi di “kampung turis” Kuta  yang perlu mendapatkan penanganan. Namun Pemkab Badung memiliki komitmen yang kuat untuk terus dan terus berbenah serta menata lalu lintas dan angkutan yang ada agar mampu memberikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan mobilitas masyarakat di Kuta. Lebih lanjut Weda Dharmaja menjelaskan bahwa keberhasilan meraih penghargaan WTN ini bukan semata-mata keberhasilan Pemkab Badung saja tetapi juga keberhasilan masyarakat Badung secara keseluruhan, karena berkat partisipasi masyarakat jugalah keberhasilan tersebut dapat diraih. Contoh konkrit dari tingginya peran serta masyarakat dan komitmen pemerintah baik eksekutif maupun legislatif dalam peningkatan dan pengembangan system transportasi tersebut adalah tercermin dari langkah nyata di lapangan seperti penataan dan pelarangan parkir di badan jalan di kawasan Legian dan pengembangan Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) berupa pengembangan Trayek Pengumpan (Feeder) Trans Sarbagita. “Langkah-langkah tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa Penghargaan untuk kota Kuta tersebut diperoleh setelah melalui proses pengamatan terhadap kinerja jaringan jalan dan persimpangan serta melalui proses seleksi administrasi maupun lapangan. Adapun komponen-komponen yang dinilai dalam Lomba Tertib LLAK ini antara lain adalah kelengkapan dan kondisi sarana parasarana transportasi seperti jalan, trotoar, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau Traffic Light, rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, pagar pengaman jalan (guardrail),  parkir, terminal angkutan jalan, serta keberadaan dan kondisi angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang ada. Penilaian juga menyangkut kinerja lalu lintas pada simpang maupun ruas jalan yang ada, seperti Derajat Kejenuhan (Degree of Saturation) simpang, V/C Ratio ruas jalan, tundaan lalu lintas, antrian kendaraan pada simpang dan sebagainya, tambah Kadishubkominfo.

Disamping itu juga dinilai tingkat disiplin masyarakat dalam tertib berlalu lintas maupun kepatuhan akan penggunaan sabuk keselamatan (safety belt) dan penggunaan helm untuk pengendara sepeda motor, kondisi dan kemampuan SDM bidang transportasi serta tingkat partisipasi masyarakat dalam peningkatan dan pengembangan system transportasi.

Kadishubkominfo Kabupaten Badung pada akhir keterangannya menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas peran serta masyarakat di bidang tertib berlalu lintas serta rasa syukur kepada Tuhan atas karunia yang telah diberikan-Nya. Semoga pada masa-masa selanjutnya lalu lintas dan angkutan di Kabupaten Badung khususnya di kawasan Kuta semakin baik dan lancar, harapnya.

Untuk diketahui bahwa Kuta masuk dalam kategori Kota Sedang menjadi duta mewakili Kabupaten Badung dalam ajang Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota (LLAK) Tahun 2011 dan berhasil meraih penghargaan tertinggi tersebut untuk ke-13 kalinya bersama 4 Kota Sedang lainnya di seluruh Indonesia. Sebelumnya Kuta juga berhasil meraih penghargaan yang sama pada Tahun 1998, 2000, 2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010 dan 2011.


Tanggapan Pengguna
Silakan Login utk menambah komentar




Saran dan Kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan situs ini di masa mendatang. Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi keberlangsungan situs ini.


Pengelola Situs : Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika
Penanggung jawab : I Wayan Weda Dharmaja, S.IP., M.Si
Supervisi : Dewa Made Ardita, SE, MSi.
Pengarah : I Ketut Alit Astamaja, S.Sos
Web Master : Bidang Intel

Terima kasih kepada : Mambo Open Source dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya Situs ini.

   
 

cpnsd


apbd

WEBMAIL SKPD


Gambaran Umum
Pemerintahan
Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah
Pembangunan
Pelayanan Umum
INTRANET
Pariwisata
Tentang Bali
Rupa-rupa
Beasiswa
Informasi Beasiswa

 


Terdapat 34 pengunjung online
Situs ini telah dikunjungi 6109737 kali sejak 6 Juni'08