22 Juli 2014 jam 16:16
good_view
              CEGAH "GLOBAL WARMING"
                  peduli  lingkungan agar tetap lestari 
  

apbd

ikon-bupati1
  ikon-dprd1

info_legislatif

ikon-lpse
 

  ARTI LAMBANG KAB. BADUNG
  ikon-situs1

 INFO TATA RUANGINFO PENANGGULANGAN BENCANA

  ikon-kpubadung  ikon-panwaslu

  ikon-kpuprov
 
 

  ikon-bda
  ikon-narkoba
  ikon-pmi
 
ikon-kesehatan
 
ikon-naker

  ikon-beasiswa

 


  
    
Bagian ::   BERANDA arrow BERITA arrow Seputar Badung arrow Jadi Obyek Studi Banding Kabupaten Sleman

Jadi Obyek Studi Banding Kabupaten Sleman PDF Cetak E-mail

Badung Berkomitmen Penuhi Hak-Hak Dasar Anak

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan serahkan plakat saat menerima kunjungan kunjungan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Sleman dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, Kamis (21/3) kemarin.Komitmen yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Badung bersama stakeholders di Badung dalam upaya memenuhi hak-hak dasar anak yang meliputi aksesibilitas pada bidang pendidikan, aksesibilitas masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan, kegiatan budaya serta perlindungan anak, telah mendapat apresiasi yang tinggi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kabupaten Badung secara berturut-turut telah meraih penghargaan Kabupaten Menuju Layak Anak (KLA). Keberhasilan dari Badung ini, bagi daerah-daerah lain di Indonesia dijadikan obyek kunjungan untuk mengetahui kiat-kiat dari Badung dalam memenuhi hak-hak dasar anak. Seperti kunjungan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Sleman dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, Kamis (21/3) kemarin. Kunjungan dua Instansi tersebut diterima Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Badung Ida Ayu Yutri Indahgustari didampingi SKPD terkait bertempat di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan I.A. Yutri Indahgustari menjelaskan, perlindungan anak menjadi salah satu program dari Kantor Pemberdayaan Perempuan Badung disamping program pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan. Dalam pelaksanaan strategi tersebut telah dilakukan beberapa hal seperti membentuk RAD pengembangan KLA, membentuk komite aksi daerah penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak, membentuk gugus tugas KLA, menyusun data anak, menyusun panduan tentang memahami hak-hak dasar anak, menyusun kajian terhadap perlindungan dan penanggulangan kekerasan anak. Dijelaskan, Potensi anak di Kabupaten Badung dibentuk dalam beberapa kelompok meliputi Sekaa Teruna, Bina Keluarga Remaja, Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana, Karang Taruna, Satuan Karya Pramuka, Kelompok Sekolah Peduli Aids dan Forum Anak Daerah Kabupaten Badung. Inovasi yang dilakukan dalam pengembangan KLA di Badung yakni dengan meningkatkan keterlibatan stakeholder, membuat nota kesepahaman antara legislatif, yudikatif dan eksekutif yang meletakkan KLA sebagai prioritas utama, selain itu juga meningkatkan alokasi APBD terhadap program pengembangan yang responsif terhadap anak.

Sementara Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu menyampaikan, kunjungan ke Kabupaten Badung, ingin belajar mengenai program pemenuhan hak-hak anak yang dinilai telah berhasil di Kabupaten Badung. Hasil studi ini nantinya akan dijadikan bahan didalam penyusunan program perlindungan anak, sehingga Kabupaten Sleman mampu memenuhi hak-hak dasar anak sekaligus menjadi Kabupaten Menuju Layak Anak. Hal senada disampaikan Ketua Rombongan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur Slamet Supriyono. Pihaknya ingin mengetahui sejauhmana, komitmen Pemkab Badung dalam pengembangan Kabupaten Menuju Layak Anak.


Tanggapan Pengguna
Silakan Login utk menambah komentar




Saran dan Kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan situs ini di masa mendatang. Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi keberlangsungan situs ini.


Pengelola Situs : Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika
Penanggung jawab : I Wayan Weda Dharmaja, S.IP., M.Si
Supervisi : Dewa Made Ardita, SE, MSi.
Pengarah : I Ketut Alit Astamaja, S.Sos
Web Master : Bidang Intel

Terima kasih kepada : Mambo Open Source dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya Situs ini.

   
 

cpnsd


apbd

WEBMAIL SKPD


Gambaran Umum
Pemerintahan
Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah
Pembangunan
Pelayanan Umum
INTRANET
Pariwisata
Tentang Bali
Rupa-rupa
Beasiswa
Informasi Beasiswa

 


Terdapat 21 pengunjung online
Situs ini telah dikunjungi 6103457 kali sejak 6 Juni'08