17 April 2014 jam 02:14
good_view
           ANCAMAN VIRUS  HIV / AIDS
                  tetap waspada dan jauhi  perilaku beresiko
  

apbd

ikon-bupati1
  ikon-dprd1

info_legislatif

ikon-lpse
 

  ARTI LAMBANG KAB. BADUNG
  ikon-situs1

 INFO TATA RUANGINFO PENANGGULANGAN BENCANA

  ikon-kpubadung  ikon-panwaslu

  ikon-kpuprov
 
 

  ikon-bda
  ikon-narkoba
  ikon-pmi
 
ikon-kesehatan
 
ikon-naker

  ikon-beasiswa

 


  
    
Bagian ::   BERANDA arrow Badung Terkini arrow Menjelang Operasional Terminal Mengwi Secara Penuh Tanggal 22 Juni 2012

Menjelang Operasional Terminal Mengwi Secara Penuh Tanggal 22 Juni 2012 PDF Cetak E-mail

Pengusaha Bus Mendukung Operasional Terminal Mengwi

ImageSetelah beberapa kali mengalami penundaan, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung akhirnya memastikan bahwa Terminal Tipe A Mengwi yang digadang-gadang bakal menjadi terminal terbesar di Bali bahkan di Indonesia akan beroperasi secara penuh mulai tanggal 22 Juni 2012 mendatang. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan pada hari Jumat, (15/6) lalu yang diadakan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Badung bersama dengan seluruh komponen pemangku kepentingan (stakeholders) angkutan umum yaitu Perusahaan Otobus (PO) angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Badung, Puspem Badung.

Turut hadir pula dalam pertemuan tersebut pihak Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali, Polres Badung yang diwakili oleh Kasatlantas Polres Badung, Kepala Pos Pengamanan Terminal Mengwi, DPD Organda Bali, DPC Organda Badung, UPT Terminal Mengwi, serta jajaran Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, I Made Sutama, SH, MH yang memimpin pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Terminal Tipe A Mengwi positif dan resmi akan mulai beroperasi secara penuh sebagai Terminal Penumpang Tipe A di Bali mulai tanggal 22 Juni 2012, menyusul telah terbitnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat tentang Persetujuan Penyelenggaraan Terminal Tipe A Mengwi Kabupaten Badung  Nomor SK.1543/AJ.106/DRJD/2012 tertanggal 7 Mei 2012. Surat Keputusan Dirjen ini juga telah diperkuat dengan terbitnya Kartu Pengawasan (KP) AKAP yang baru yang mencantumkan  Awal dan Akhir (Origin-Destination) Bus AKAP telah berubah dari Terminal Ubung ke Terminal Mengwi yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan. Demikian juga dengan perubahan Kartu Pengawasan bus-bus AKDP yang mencantumkan wajib singgah di Terminal Mengwi telah selesai dikerjakan oleh Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali.

Lebih lanjut Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali yang diwakili oleh Kasi Angkutan - Yuspraba juga menyampaikan bahwa Kartu Pengawasan AKAP dan AKDP sekaligus akan diserahkan oleh pihak Dishub Provinsi Bali kepada seluruh PO. AKAP maupun AKDP melalui sistem barter dengan Kartu Pengawasan yang lama pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2012 mendatang. Terkait dengan status terminal Ubung, Yuspraba menambahkan bahwa Terminal Ubung akan berubah statusnya menjadi terminal tipe B yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Bali, hal ini sesuai dengan Surat Dirjen Perhubungan Darat Nomor AJ.104/1/1/DJPD/2012 tanggal 31 Mei 2012 perihal Status Terminal Ubung. ”SK Penetapan Terminal Ubung menjadi Tipe B sudah diproses tinggal tunggu tanda tangan Gubernur saja, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ditandatangani,” imbuhnya.

Pada pertemuan tersebut PO-PO bus AKAP melalui beberapa perwakilannya menyampaikan dukungan sekaligus harapannya agar dengan beroperasinya terminal Mengwi nantinya pengaturan angkutan umum menjadi lebih baik. Salah satu masukan datang Pemilik PO Gunung Harta - Wayan Sutika yang menyampaikan rasa interesnya terhadap rencana operasional Terminal Mengwi dan sekaligus harapan agar awal operasional Terminal Mengwi harus berjalan dengan bagus, serta menyarankan agar rencana koridor trayek Trans-Sarbagita yang menjangkau terminal Mengwi segera dapat direalisasikan untuk mendukung mobilitas penumpang dari dan menuju ke Terminal Mengwi. Namun disamping hal tersebut beberapa PO AKAP juga menyampaikan keluhannya berupa penurunan pendapatannya akibat beroperasinya kendaraan-kendaraan travel yang tidak beizin alias bodong. Terhadap hal tersebut mereka berharap agar instansi terkait segera melakukan penertiban.

Sedangkan dari pihak DPD Organda melalui sekretarisnya menyampaikan harapannya agar Terminal Mengwi menjadi terminal yang dapat dibanggakan yaitu terminal yang aman, nyaman, tertib, teratur dengan petugas yang memberikan pelayanan dengan senyum sehingga masyarakat akan tertarik untuk memanfaatkannya. Demikian juga dengan angkutan penunjang seperti Taksi diharapkan untuk segera disiapkan di Terminal Mengwi. Selanjutnya DPD Organda menghimbau agar seluruh PO Bus mentaati segala ketentuan terutama terkait dengan perubahan awal dan akhir perjalanan bus dari Ubung ke Mengwi, serta bersama-sama dengan PO-PO bus yang ada akan melakukan sosialisasi tentang operasional terminal Mengwi ini kepada seluruh penumpang.


Tanggapan Pengguna
Silakan Login utk menambah komentar




Saran dan Kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan situs ini di masa mendatang. Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi keberlangsungan situs ini.


Pengelola Situs : Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika
Penanggung jawab : I Wayan Weda Dharmaja, S.IP., M.Si
Supervisi : Dewa Made Ardita, SE, MSi.
Pengarah : I Ketut Alit Astamaja, S.Sos
Web Master : Bidang Intel

Terima kasih kepada : Mambo Open Source dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya Situs ini.

   
 

cpnsd


apbd

WEBMAIL SKPD


Gambaran Umum
Pemerintahan
Pengelolaan Keuangan
Pembangunan
Pelayanan Umum
INTRANET
Pariwisata
Tentang Bali
Rupa-rupa
Beasiswa
Informasi Beasiswa

 


Terdapat 47 pengunjung online
Situs ini telah dikunjungi 5643971 kali sejak 6 Juni'08