20 April 2014 jam 06:00
good_view
        WASPADA DEMAM BERDARAH ...!
            jagalah  kebersihan  lingkungan  sekitar  anda
  

apbd

ikon-bupati1
  ikon-dprd1

info_legislatif

ikon-lpse
 

  ARTI LAMBANG KAB. BADUNG
  ikon-situs1

 INFO TATA RUANGINFO PENANGGULANGAN BENCANA

  ikon-kpubadung  ikon-panwaslu

  ikon-kpuprov
 
 

  ikon-bda
  ikon-narkoba
  ikon-pmi
 
ikon-kesehatan
 
ikon-naker

  ikon-beasiswa

 


  
    
Bagian ::   BERANDA arrow Badung Terkini arrow Upacara Guru Piduka Lan Bendu Piduka di Pura Lingga Bhuwana

Upacara Guru Piduka Lan Bendu Piduka di Pura Lingga Bhuwana PDF Cetak E-mail

Bangunan Yang Hancur Diklaim ke Pihak Asuransi

ImageAngin puting beliung dengan kecepatan 49 knot atau sekitar 88 km/jam yang telah merubuhkan beberapa bangunan di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung. Pada Senin (19/3) kemarin, dilaksanakan Upacara Guru Piduka lan Bendu Piduka dipuput oleh para pemangku Pura Lingga Bhuwana. Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Badung A.A Gde Agung, Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta, Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Ketua Umum PHDI Badung Ida Pedanda Gede Ngurah Putra Keniten dari Griya Kediri Sangeh serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Badung.

Bupati Gde Agung pada kesempatan ini menyampaikan, bencana yang terjadi pada sabtu (17/3) lalu, menyebabkan beberapa  kawasan-kawasan di Badung tertimpa angin puting beliung sehingga beberapa tempat seperti pura dan perumahan di Kabupaten Badung rusak cukup parah. Di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung sendiri tiga bangunan pokok pura yaitu bale paselang, pawedaan ida peranda dan bale pesandekan mengalami kerusakan. berkenaan dengan kejadian tersebut saat ini Pemkab Badung sedang melaksanakan upacara bersifat niskala. Setelah upacara ini akan dilanjutkan pembangunan kembali dari tiga bangunan yang rusak dan beberapa bangunan kecil-kecil ini. Bangunan yang akan dibangun direncanakan berbeda dengan bangunan sebelumnya, dimana bahan atapnya sekarang sepenuhnya dibuat mempergunakan ijuk akan diganti mempergunakan bahan lain, mungkin dari genteng alumunium dengan sedikit ijuk dibawahnya sehingga style balinya masih dipertahankan. Hal ini dilakukan karena ijuk dirasa sangat berat apalagi pada saat hujan, sehingga tiang penyangga tidak mampu menahannya ketika terjadi angin kencang. Mengenai pembiayaan pembangunan, mengingat bangunan ini diansuransikan tentu pembangunan nantinya akan di klaim ke pihak asuransi,” mudah-mudahan semua bisa tertanggung dengan baik sehingga bangunan bisa terbangun dengan amat baik,” harap Gde Agung.

Sementara itu Ketua Harian PHDI Badung I Nyoman Sukada mengungkapkan pelaksanaan karya guru piduka lan bendu piduka mempergunakan caru ayam klau kledungan sebagai lambang pelebur segala kadurmangalan (kaletehan/kekotoran) sekaligus sebagai permohonan maaf jika ada kekeliruan dan kesalahan yang telah dilakukan didalam melaksanakan tugas kewajiban dan agar terhindar dari kekuatan negatif serta selalu mendapat tuntunan dari Ida Sang Hyang Widi. “Terkait dengan rangkaian karya, diawali dengan karya “Pangesengan” yaitu mengambil unsur dari bangunan yang terkena musibah sebagai lambang pemrelina dan ngantukan beliau untuk berstana pada “daksina pelinggih”. Daksina tetap nyejer hingga bangunan baru selesai diprayascita memakuh dan melaspas, baru kemudian beliau dilinggihkan kembali, ujarnya


Tanggapan Pengguna
Silakan Login utk menambah komentar




Saran dan Kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan situs ini di masa mendatang. Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi keberlangsungan situs ini.


Pengelola Situs : Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika
Penanggung jawab : I Wayan Weda Dharmaja, S.IP., M.Si
Supervisi : Dewa Made Ardita, SE, MSi.
Pengarah : I Ketut Alit Astamaja, S.Sos
Web Master : Bidang Intel

Terima kasih kepada : Mambo Open Source dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya Situs ini.

   
 

cpnsd


apbd

WEBMAIL SKPD


Gambaran Umum
Pemerintahan
Pengelolaan Keuangan
Pembangunan
Pelayanan Umum
INTRANET
Pariwisata
Tentang Bali
Rupa-rupa
Beasiswa
Informasi Beasiswa

 


Terdapat 28 pengunjung online
Situs ini telah dikunjungi 5652435 kali sejak 6 Juni'08