01 September 2014 jam 18:09
good_view
   Tertib Administrasi Kependudukan
    agar kehidupan anda berjalan nyaman dan aman
  

apbd

ikon-bupati1
  ikon-dprd1

info_legislatif

ikon-lpse
 

  ARTI LAMBANG KAB. BADUNG
  ikon-situs1

 INFO TATA RUANGINFO PENANGGULANGAN BENCANA

  ikon-kpubadung  ikon-panwaslu

  ikon-kpuprov
 
 

  ikon-bda
  ikon-narkoba
  ikon-pmi
 
ikon-kesehatan
 
ikon-naker

  ikon-beasiswa

 


  
    
Bagian ::   BERANDA arrow Badung Terkini arrow Upaya Pemberantasan Penyakit TBC

Upaya Pemberantasan Penyakit TBC PDF Cetak E-mail

PPTI Badung Gencarkan Pembinaan Kepada Masyarakat

Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Cabang Badung terus berupaya melakukan pembinaan-pembinaan ke masyarakat guna dapat menekan sekaligus memberantas penyakit Tuberkulosis di Badung. Dari laporan kegiatan PPTI Cabang Badung triwulan IV (Oktober, Nopember, Desember) Tahun 2011 penemuan penderita (case fending) TBC mencapai 348 orang. Dari jumlah tersebut tersangka tbc yang ditemukan di puskesmas (positif) sebanyak 198 orang, tbc yang ditemukan dari kontak penderita 103 orang, penderita tbc BTA + (positif) 33 orang dan penderita tbc rontgen + (positif) 14 orang.

Dari data yang ada, jumlah penderita yang masih dalam pengobatan di seluruh puskesmas di Badung akhir bulan ini untuk BTA + sebanyak 89 orang dan tbc Rontgen (RO) + sebanyak 65 orang. Penderita yang mulai diobati BTA + 45 orang, RO + 27 orang. Relepse (yang kambuh) BTA + 1, penderita pindahan BTA + 4, RO + 4 orang. Penderita yang dinyatakan sembuh BTA + 26 orang. Penderita yang menyelesaikan pengobatan RO + 27 orang. Defauler (yang memutuskan pengobatan) akibat meninggal BTA + 3 orang dan RO + 2 orang. Selama triwulan terakhir 2011, PPTI Cabang Badung juga menggencarkan penyuluhan dan pembinaan baik kepada penderita maupun kepada keluarga penderita. Penyuluhan menyasar kepada guru-guru, keluarga, anak sekolah, PKK dan golongan masyarakat lainnya. Sementara Case Holding (pembinaan) kepada penderita dilakukan sebanyak 450 kali kepada 297 orang, sedangkan pembinaan kepada keluarga penderita sebanyak 352 kali kepada 809 orang.

Menurut Ketua Harian PPTI Cabang Badung I Ketut Mariana yang didampingi Sekretaris PPTI Badung dr. Wayan Gede Arimbhawa, M.Kes, untuk memantau keteraturan pengobatan, keadaan ekonomi dan perkembangan penderita TBC di Kabupaten Badung, maka PPTI Badung di awal tahun 2012 ini sedang melakukan pembinaan sekaligus kunjungan langsung ke rumah penderita TBC. Pembinaan ini telah berlangsung mulai tanggal 3 hingga 26 Januari 2012 dengan menyasar 8 (delapan) Puskesmas di Badung yakni Puskesmas Kuta I, Kuta II, Kuta Utara, Kuta Selatan, Abiansemal I, Abiansemal II, Abiansemal III dan Puskesmas Mengwi I.

Mariana menambahkan, PPTI Badung saat ini juga sudah menyiapkan tenaga yang menangani program TB yang ditugaskan di RSUD Badung sesuai permintaan RSUD Badung. “Tenaga yang telah disiapkan tersebut kini masih menjalani pelatihan di Sekretariat dan di Puskesmas. Rencananya tenaga tersebut akan ditugaskan di RSUD Badung mulai bulan Pebruari 2012,” imbuhnya.


Tanggapan Pengguna
Silakan Login utk menambah komentar




Saran dan Kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan situs ini di masa mendatang. Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi keberlangsungan situs ini.


Pengelola Situs : Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika
Penanggung jawab : I Wayan Weda Dharmaja, S.IP., M.Si
Supervisi : Dewa Made Ardita, SE, MSi.
Pengarah : I Ketut Alit Astamaja, S.Sos
Web Master : Bidang Intel

Terima kasih kepada : Mambo Open Source dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya Situs ini.

   
 

cpnsd


apbd

WEBMAIL SKPD


Gambaran Umum
Pemerintahan
Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah
Pembangunan
Pelayanan Umum
INTRANET
Pariwisata
Tentang Bali
Rupa-rupa
Beasiswa
Informasi Beasiswa

 


Terdapat 46 pengunjung online
Situs ini telah dikunjungi 6246622 kali sejak 6 Juni'08