Wabup Suiasa hadiri Upacara Melaspas Panca Rupa di Pura Melanting Pelaka Pecatu

Wabup Suiasa hadiri Upacara Melaspas Panca Rupa di Pura Melanting Pelaka Pecatu

Serangkaian pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih Nubung Pedagingan Waraspati Kalpa Pura Melanting Pelaka, Desa Adat Pecatu Kuta Selatan yang puncaknya jatuh pada Buda Kliwon Sinta 11 Desember akan Datang, pada Senin (9/12) diadakan Upacara Melaspas Panca Rupa Panca Kelud, Mendem Pedagingan, Pawintenan, Ngadegang Ida Batara dan Melaspas Pangenteg yang dipuput tiga sulinggih Ida Pandita Dukuh Acharya Dhaksa Penatih Denpasar, Ida Pandita Dukuh Celagi Daksa Dharma Kirti Denpasar dan Ida Rsi Bujangga Wisnawa Gandha Kusuma Geria Giri Gandha Madana Denpasar. Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Camat Kuta Selatan I Made Widiana, Kepala Desa Pecatu I Made Kariana Yadnya, perwakilan Bendesa Adat Pecatu, Ketua LPD Pecatu dan tokoh masyarakat setempat.

    Ketua Pengempon Pura Melanting Pelaka I Made Suarta melaporkan pelaksanaan karya ini serangkaian telah selesainya pembangunan Pelinggih yang ada di Pura Melanting Pataka. Adapun pelinggih yang diperbaiki diantaranya Padmasana, Padma Capah pinaka Linggih Ratu Niang sakti, Gedong Ratu Ayu Melanting, Gedong Batara Rambut Sedana, Gedong Ratu Bagus, Gede Gunung Agung, Bale Piasan, Bale Gong, Candi Gelung dan Pengapit, Candi Peletasan, Candi Bentar dan Wantilan di Jaba sisi yang menelan dana Rp. 1 M merupakan bantuan hibah Pemkab Badung tahun 2018.

    Lebih Lanjut I Made Suarta mengatakan bahwa upacara ini sudah mulai sejak Anggara Kliwon Wuku Dukut (26/11) dengan Matur Piuning, Nuasen Karya dan Bumi Suda, Karya Maguru Piduka dan Nanceb Tetaring. Puncaknya pada Purnama Sasih ke Enem yang akan datang yaitu Buda Kliwon Sinta (11/12) dan nyejer selama tiga hari dan minggu (15/12) dilaksanakan Nyegara Gunung dan Rabu (22/1) tahun 2020 dilaksanakan karya Nugtug Bulan Pitung Dina.

    Sementara itu Wakil Bupati Badung dalam sambutan menyampaikan apresiasi kepada warga pengempon Pura Melanting Pelaka Desa Pecatu karena sudah menggelar Upacara Yadnya Ngenteg Linggih serangkaian sudah rampungnya perbaikan Pelinggih di pura tersebut. Wabup Suiasa juga mengajak krama pengempon pura agar senantiasa tulus ikhlas menghaturkan Yadnya dan bakti agar apa yang diharapkan dari upacara ngenteg linggih bisa tercapai, yaitu ngentegan genah linggih Ida Batara di Parahyangan dan krama pengempon mendapatkan pencerahan pola pikir dan tingkah laku sehingga tercipta kedamaian di kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu juga Suiasa menghaturkan Punia sebesar 400 juta sebagai wujud apresiasi Pemerintah Kabupaten Badung.

 

Caption.

Wabup Suiasa disaat menghadiri Upacara Melaspas Panca Rupa di Pura Melanting Pelaka Pecatu, Senin (9/12).


  • 10 Desember 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 70 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya